Bisnis · Tips · Trik

Peluang Bisnis: Mendapatkan 1 Juta Rupiah Lebih Dalam 2 Hari! [True Story]

Hasil gambar untuk money

Mendapat penghasilan bisa darimana saja


Mungkin banyak dari kita yang bingung untuk memikirkan bagaimana cara mencari penghasilan?

Semua orang pasti pernah mempunyai pertanyaan seperti itu. Demikian juga dengan saya.

Namun pada kenyataannya penghasilan bisa datang darimana saja.

Tidak percaya? Mari baca cerita pengalaman saya di bawah ini.

*Siapkan kopi, dan pisang goreng. Karena mungkin cerita ini sedikit panjang.*


Hari itu adalah hari dimana saya sedang mengikuti kegiatan PPM (Penggalian Potensi Mahasiswa) yang diselenggarakan oleh kampus saya Universitas Amikom Yogyakarta. Lebih tepatnya pada bulan September 2016, kalau tidak salah.

Acara PPM itu sendiri berlangsung sekitar 1 minggu. Dan acara puncaknya adalah acara Malam Inagurasi yang diselenggarakan di JEC (Jogja Expo Center).

Di acara tersebut, panitia mengharuskan kita (peserta PPM) untuk membawa berbagai macam peralatan. Seperti contohnya co-card, karpet, makanan, minuman, dan glowstick. Untuk glowstick sendiri diwajibkan membawa 3 batang.

Nah, dari sini muncul ide bisnis saya karena adanya acara tersebut.

Saya berpikir, kan ada sekitar 2000 mahasiswa baru yang diterima di AMIKOM, dan mereka kebanyakan berasal dari luar kota Yogyakarta.

Maka dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dari mereka belum tahu tempat – tempat penjual barang – barang keperluan Malam Inagurasi tadi: karpet, glowstick.

Jadi, saya berpikir untuk mencari harga dan tempat penjual karpet dan glowstick yang ada di kota kelahiran saya ini. Dan pada akhirnya, saya menemukan tempat penjual tersebut.

Saya mendapatkan harga:

  • Karpet polos (1m x 50cm) = Rp 10.000,00
  • Glowstick 1 tabung (isi 100 batang) = Rp 50.000,00
(dari grup PPM)
Penampakan Glowstick
Dari grup PPM
Penampakan Karpet

Maka saya membuat rencana sederhana target penjualan seperti ini:

Target Penjualan PPM
Target Penjualan

Target pembeli itu hanyalah minimal pembeli yang bisa didapatkan. Padahal peserta PPM AMIKOM tahun 2016 mencapai 2500-an orang.

Grup PPM AMIKOM 2016
Grup PPM AMIKOM 2016

Namun, ternyata saya hanya mampu menjual  500 batang glowstick dan rata-rata 166 meter karpet tadi.

Karena tidak hanya saya yang menjual karpet dan glowstick tadi. Ada beberapa teman lain sekaligus ada juga orang yang berjualan di sekitar AMIKOM yang ikut menjual barang tersebut.

Yang saya kaget-kan, setelah saya survey orang yang berjualan di sekitar AMIKOM tersebut, mereka memasang harga yang cukup fantastis menurut saya.

  • 3 batang glowstick = Rp 15.000
  • Karpet = Rp 20.000

Tapi yaa itu bukan masalah bagi saya, karena rezeki orang sudah ada yang mengatur hehehe..

Penjualan ini saya lakukan selama 2 hari. Saya mempromosikan bisnis ini dengan memasang status iklan di Media Grup Facebook PPM 2016, menawarkan langsung lewat teman, dan broadcast message lewat grup WA dan Line.

Saya sangat bersyukur dalam 2 hari, setidaknya saya mendapatkan keuntungan kurang lebih 1 juta empat ratus seperti pada gambar rencana target saya diatas.


Bagaimana?

Untuk mendapatkan penghasilan 1 juta lebih dari bisnis ini sangat mudah bukan?

Tinggal pintar-pintarnya kita melihat celah trend untuk dijadikan sebagai bisnis penjualan.

Sekian cerita pengalaman Mendapatkan 1 Juta Rupiah Lebih Dalam 2 Hari saya. Semoga anda para pembaca dapat terinspirasi dari pengalaman saya.

Pesan saya: Jadilah inisiator kreatif yang berlandaskan kejujuran.

 

One thought on “Peluang Bisnis: Mendapatkan 1 Juta Rupiah Lebih Dalam 2 Hari! [True Story]

Leave a Reply

